Pengunjung Yang Terhormat,Sekarang Klik SUKA Disini!!!

TERIMA KASIH ANDA SUDAH BERKUNJUNG - Formulir Pendaftaran TK Khas DIC Thn Ajaran 2014-2015 - SUDAH DiBUKA!!DAFTARKAN SEKARANG ANAK ANDA KE TK ISLAM KHAS DAARUL ILMI CIKARANG - Menerima Pindahan - DAPATKAN POTONGAN HARGA BIAYA PENDIDIKAN DENGAN DAFTAR SEKARANG UNTK TAHUN AJARAN 2014-2015----Inilah : Formulir Pendaftaran TK Khas DIC

Sabtu, 30 Maret 2013

Video Untuk Anak

Berikut Video-video semoga bermanfaat:
1. Ajaib Kecil-kecil Bisa Mengaji

Buletin

Maaf Posting ini belum lengkap

Teori Pembelajaran

maaf belum ada postingan

9 Tips Menjadi TK unggulan

9 tips menjadi TK unggulan (Laporan Workshop pengembangan model belajar pada Raudatu Athfal (RA) dan Bustanul Athfal (BA) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan – Badan Litbang dan Diklat – Kementrian Agama RI di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo 25-27 Februari 2010)

Penulis :
Agus Sampurno ( http://gurukreatif.wordpress.com)

"Libur panjang 3 hari tanggal 26 sampai 28 Februari saya diundang untuk datang ke Kota Surakarta bertemu dengan 60 guru BA, RA dan TK Islam terpadu bersama Pusat penelitian dan pengembangan Departemen Agama dalam rangka Workshop model belajar. Saya hadir untuk memberikan cakrawala mengenai bagaimana TK di sekolah internasional di jalankan" Ungkap Agus

Berikut petikannya hal-hal apa saja yang dijalankan di banyak sekolah internasional :

Pembelajarannya berbasis Inkuiri 

  • Dorong siswa untuk menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran 
  • Ketika mereka mengajukan pertanyaan kemudian bantu siswa untuk menemukan jawabannya melalui sederet kegiatan yang bersifat eksplorasi. 


Sekolah punya program menulis yang komprehensif

  • Jadikan menulis sebagai bagian penting dari program di sekolah anda. Saya setuju bahwa TK selayaknya tidak memaksakan anak untuk menulis tetapi melatih motorik kasar dan halus siswa juga penting. 
  • Latih keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata diperlukan untuk tulisan tangan. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendukung hal ini antara lain merangkai manik-manik, melukis dengan jari, bermain menggunakan tanah liat dan plastisin, menjahit dan menenun,(gunakan yang tidak tajam), menempatkan pasak di pegboard, melatih jari dan menggunakan berbagai alat tulis, 
  • Jangan lupa menentukan gaya tulisan mana yang ingin anda kembangkan di sekolah anda.Lakukan ini bersama-sama dengan seluruh unsur di sekolah anda 


Mata pelajarannya terintegrasi 
Doronglah siswa untuk berpikir secara mandiri, membuat pilihan, menjadi pemecah masalah, mengekspresikan diri secara kreatif dan bekerja sama dengan orang lain.
Topik intregrasi pembelajaran yang biasa di ajarkan di TK antara lain, Siapakah aku, Air sahabat kehidupan, Main yuk..!, Orang-orang yang berjasa di kehidupan kita (pekerja sosial dll), Aku suka temanku, Tanaman dan tumbuhan di sekitar kita, Dengarkan ceritaku, 5 Indera perasa dan lain-lain

Sekolah punya program membaca 
Tanamkan kepada guru yang bertugas bahwa membaca adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menarik, dijamin siswa akan percaya diri saat membaca. Adakan program membaca ‘reading programme’ dan buku-buku perpustakaan yang dikirim pulang secara teratur oleh siswa.

Sekolah melatih anak percaya diri 

  • Kembangkan kemampuan siswa untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat dengan jelas dan lancar, untuk berbicara dengan penuh percaya diri di depan teman-teman, untuk berpartisipasi dalam kelompok kecil dan diskusi kelompok besar dan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang relevan. 


Memasukkan aspek Teknologi informasi 

  • Siswa menggunakan computer dengan tujuan dan bukan sekedar alat untuk bermain 
  • Guru memasukkan aspek penggunaan computer dalam rencana pembelajarannya 
  • Komputer yang ada di lengkapi dengan CD Rom untuk siswa mencari pengetahuan yang dibutuhkannya


Mengajarkan Bahasa Inggris atau Mandarin sambil memperkuat bahasa ibu 

  • Kembangkan dan memperoleh kepercayaan mereka dalam menggunakan keterampilan berbahasa Inggris melalui pemodelan, sosialisasi dan interaksi dengan orang lain. 
  • Guru selayaknya juga mau mencoba berbahasa Inggris melalui intruksi dan perintah sederhana yang membuat siswa yang mendengarnya mau juga mencoba dengan percaya diri. 
  • Sekolah mempunyai kebijakan soal bahasa, sekolah yang baik bukan sekedar mengajarkan 2 atau 3 bahasa secara bersamaan, tetapi bagaimana sekolah tersebut memlihara bahasa ibu (mother tongue) 
  • Buat konser sederhana dan presentasi,atau assembly anak-anak. Semua siswa didorong untuk menunjukkan keterampilan musik, penggunaan bahasa asing dan kepercayaan diri sendiri 


Kegiatannya melalu kegiatan yang bersifat hands on 

  • Kegiatan Hands-on adalah kegiatan yang membiarkan siswa untuk mengembangkan makna pribadi dari penemuan mereka. 
  • Metode belajar ini cocok untuk memuaskan sifat rasa ingin tahu anak 


Aktivitas pembelajarannya menggunakan sentra-sentra 

  • Sentra pusat pembelajaran adalah cara paling efektif untuk memfasilitasi pembelajaran inkuiri pada siswa. 
  • Anak-anak mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab ketika mereka bekerja sama dengan satu sama lain. 
  • Guru bekerja dengan anak-anak secara individu atau dalam kelompok kecil untuk memenuhi kebutuhan individu semua siswa.

Sabtu, 23 Maret 2013

15 Strategi Umum Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak

Menurut Kostelnik (1999) terdapat berbagai strategi pembelajaran umum yang dapat digunakan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini umumnya dan anak Taman Kanak-kanak khususnya.

Berdasarkan dari BUKU STRATEGI PEMBELAJARAN TK Oleh Nursyarifah (Wa Kepsek KBT/TKIT AR RAIHAN) yang dikutif dari arraihan.blogspot.com, kita dapatkan 15 strategi.

Strategi pembelajaran umum tersebut meliputi :
  1. Meningkatkan keterlibatan indra, 
  2. Mempersiapkan isyarat lingkungan. 
  3. Analisis tugas, 
  4. Bantuan orang yang lebih berpengalaman (scaffolding), 
  5. Praktek terbimbing, 
  6. Undang/ajakan, 
  7. Refleksi/tingkah laku, 
  8. Refleksi kalimat, 
  9. Contoh atau modelling, 
  10. Penghargaan efektif, 
  11. Menceritakan/menjelaskan/menginformasikan, 
  12. Do-it-signal, 
  13. Tantangan, 
  14. Pertanyaan, 
  15. Kesenyapan 
Strategi-strategi pembelajaran tersebut dapat diintegrasikan atau digabungkan dalam keseluruhan proses pembelajaran, sehingga tercipta kegiatan belajar yang lebih bervariasi.

1. Meningkatkan keterlibatan Indra Melalui keterlibatan indra,
anak-anak akan memperoleh secara langsung tentang objek-objek , peristiwa, atau orang-orang yang ada disekitarnya, karena mereka secara aktif melihat, mendengar, meraba, mengecap, mencium, dan sebagainya. Menurut Kostelnik (1999), ada beberapa pedoman yang perlu diperhatikan dalam mendorong keterlibatan indra anak yaitu: a. Pengalaman langsung adalah hal yang terbaik bagi anak b. Pengalaman langsung arus mendahului penggambaran atau sesuatu yang lebih abstrak (misal, tunjukkan terlebih dahulu buah-buahan yang riil atau konkret baru kemudian tunjukkan gambar buah-buahan). c. Model lebih konkret daripada gambar, dan gambar lebih konkret daripada kata-kata . Misalnya untuk memperkenalkan binatang ”kuda”, terlebih dahulu tunjukkan model kuda yang terbuat dari kayu atau plastik, kemudian gambar kuda, selanjutnya baru kata kuda. Dengan demikian anak memahami istilah kudayang dimulai dari hal yang lebih konkret menuju hal yang lebih abstrak d. Rencanakan kegiatan sehingga keterlibatan indra terjadi lebih awal dalam langkah-langkah pembelajaran. 

2. Mempersiapkan Isyarat Lingkungan
Mempersiapkan Isyarat Lingkungan untuk belajar merupakan salah satu cara mengefisienkan kegiatan. Isyarat lingkungan itu dapat diciptakan guru untuk melatih kemandirian anak dan memahami simbol-simbol yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh kegiatan dalam mempersiapkan isyarat lingkungan adalah: a. Sebuah gambar orang yang sedang mencuci tangan yang dipampang di ruang makan, menunjukkan bahwa anak-anak harus mencuci tangan dulu sebelum dan sesudah makan. b. Gambar anak yang sedang memakai celemek di area seni lunis, menunjukkan bahwa anak-anak harus memakai celemek jika akan melakukan kegiatan melukis. c. Di area komputer misalnya anakdapat menyalakan dan mematikan komputer sendiri dengan melihat tanda atau gambar yang menunjukkan tahapan-tahapan yang tepat untuk menyalakan atau mematikan komputer tersebut.

3. Analisis Tugas
Analisi tugas dalam pembelajaran maksudnya adalah menjabarkan suatu tugas tertentu menjadi bagian-bagian yang lebih rinci atau khusus dan operasional sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh anak. Tahapan sederhana dalam menjabarkan tugas adalah sebagai berikut : 1) menentukan tujuan yang hendak dicapai 2) menjelaskansusunan apa yang diharapkan 3) menunjukkan keterampilan yang perlu dilibatkan dalam tahapan-tahapan tersebut. 4) Memperlihatkan keterampilan yang perlu diketahui anak 5) Menetukan bagian pertama yang akan diajarkan pada anak Hasil yang diperoleh dari penggunaan strategi analisis tugas adalah pembelajaran yang sarat dengan tujuan, dimana melalui kegiatan ini anak-anak memperluas keterampilannya dan mencapai keberhasiln dalam melaksanakan tugas.

4. Bantuan Orang yang Lebih Berpengalaman (Scaffolding)
Scaffolding adalah proses pemberian bantuan dari orang yang lebih berpengalaman yang dilakukan secara bertahap untuk mempermudah anak dalam belajar sesuai dengan tahap perkembangannya. Proses scaffolding dimulai dengan memberikan bantuan jika anak sudah tidak dapat menemuka cara-cara untuk menyelesaikankegiatan atau tugas. Jika anak berhasil guru menghentikan bantuan tersebut.

5. Praktek Terbimbing
Praktek terbimbing merupakan implikasi dari prinsip bahwa anak-anak belajar melalui pengulangan atau repetisi (Bredekamp dan Copple, 1997). Ketika amnak-anak mendapatkan mendpat kesulitan belajar, itulah saat anak memerlukan bimbingan dari guru atau orang tua.

6. Undangan/Ajakan
Undangan atau ajakan berfungsi sebagai cara untuk menggiring anak-anak agar mereka menggunakan kesempatan yang diberikan gurug untuk melakukan eksplorasi, atau berinteraksi dengan anak-anak lain dan guru.

7. Refleksi Tingkah Laku
Refleksi tingkah laku membantu menggambarkan perhatian anak-anak terhadap aspek-aspek pengalaman tertentu. Refleksi tingkah laku disebut juga umpan balik deskriptif tentang tindakan yang ilakukan anak –anak. Cara-cara seperti ini dapat menguatkan tindakan yang dilakukan anak-anak.

8. Refleksi Kata-kata
Refleksi kata-kata (paraphrase reflection) adalah pernyataan yang dungkapkan guru tentang sesuatu yang dikatakan anak-anak

9. Contoh (Modelling)
Contoh (modelling) membantu anak-anak mempelajari perilaku-perilaku yang tepat. Model atau contoh mempunyai dampak positif yang sangat besar bagi anak-anak . Ketika anak kebingungan, kemudian guru memberikan contoh, anak-anakpun dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

10. Penghargaan Efektif
Penghargaan efektif adalah penghargaan spesifik atau khusus yang diberikan anak sesuai dengan perilaku yang ditunjukkannya. Penghargaan ini dapat diberikan dalam bentuk pujian, atau dorongan yang diberikan terhadap tingkah laku positif yang diperlihatkan anak.

11. Menceritakan/menjelaskan/ menginformasikan
Informasi tentang nama, fakta-fakta masa lalu, adat istiadat dapat dipelajari melalui pewarisan sosial. Penjelasan yang efektif harus didasarkan pada pengalaman langsung anak-anak dan terdapat dalam konteks yang bermakna bagi mereka.

12. Do-It -Signal
Do-It –Signal adalah arahan sederhana yang diberikan kepada anak-anak agar dia mau melakukan suatu tindakan , atau ajakan kepada anak-anak agar mereka dapat melakukan sesuatu.

13. Tantangan
Tantangan adalah variasi dari Do-It –Signal. Tantangan ini memotivasi anak untuk menciptakan pemecahan masalahnya sendiri dengan tugas-tugas yang diarahkan guru. Tantangan memberi kesempatan kepada anak dan guru untuk mengontrol kegiatan.

14. Pertanyaan
Pertanyaan adalah alat pengajaran pokok yang dapat digunakan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Pertanyaan yang efektif adalah pertanyaan yang dihubungkan dengan tujuan yang akan dicapai anak, merangsang berpikir anak, dapat dipahami anak, dan singkat. Agar guru dapat mengajukan pertanyaan yang tepat dan dapat direspon dengan baik oleh anak-anak, ada beberapa teknik bertanya seperti dikemudian oleh Cliat, et al (1992) dalam Kostelnik (1999) sebagai berikut: 1. Ajukan hanya satu buah pertanyaan pada satu waktu Rencanakan pertanyaanyang dibuat secara cermat. 2. Berikan waktu yang cukup bagi anak-anak untuk menjawab pertanyaan yang diajukan 3. Ungkapkan beberapa pertanyaan Anda dalam bentuk do-it-signal. 4. Ajukan pertanyaan kepada seluruh anak 5. Dengarkan secara cermat jawaban yang diberikan anak, hargailah mereka dengan memberikan pujian. 6. Jika jawaban yang diberikan anak ternyata salah atau kurang tepat, tindak lanjuti dengan mengatakan sesuatu yang menyenangkan mereka. 7. Jika ada kesalahpahaman dari jawaban yang diberikan anak-anak, har4gailah jawaban mereka kemudian berilah informasi yang lebih jelas dan tepat.

15. Kesenyapan
Saat-saat tenang dapat menjadi suatu strategi mengajar yang efektif terutama ketika anak-anak sedang asyik melakukan kegiatan yang disukainya.

Pendaftaran TK Daarul Ilmi Cikarang

 A. Syarat Pendaftaran TK Daarul Ilmi Cikarang

  • Mengisi Formulir Pendaftaran 
  • Menyerahkan Pas Photo Uk.3x4 (4 Lembar) 
  • Menyerahkan Fotocopy Akte lahir/Ket.Lahir 
  • Menyerahkan Fotocopy KTP Orang Tua 
  • Minimal Usia 4 Tahun Pada Juli 2013 
  • Menyerahkan Satu Buku Cerita Anak Islami Untuk Perpustakaan 
  • Bersedia MENGIKUTI Peraturan dan Tata Tertib Sekolah


  • B. Waktu Pendaftaran
         Pendaftaran : 
                    - Gelombang 1 : 15 Maret s/d 25 April 2013
                    - Gelombang 2 : 29 April s/d 15 Juni 2013
               Hari : Senin - Jum’at
               Pukul : 09.00 - 14.00
              Tempat Pendaftaran : TK Daarul Ilmi (Perumahan Puri Insani Tegal Danas Blok D4)

    C. Biaya Pendidikan
        Pendaftaran : Rp. 50.000,-
       (Pada Saat Pengambilan Formulir Pendaftaran)
        
        Pendaftaran Gelombang 1 : 15 Maret s/d 25 April 2013
                Biaya Awal Pendidikan : Rp. 700.000,-
                 Meliputi :
                        - SPP Bulan Juli 2013 (Rp. 60.000,-)
                        - Seragam 2 Stel
                        - Tas
                        - Sarana Belajar Mengajar
                        - Alat Belajar
                        - Periksa Kesehatan (Gigi & Mulut)
                        - Uang Bangunan ( Rp. 250.000,-)

        Pendaftaran Gelombang 2 : 29 April s/d 15 Juni 2013
                Biaya Awal Pendidikan : Rp. 800.000,-
                 Meliputi :
                        - SPP Bulan Juli 2013 (Rp. 60.000,-)
                        - Seragam 2 Stel
                        - Tas
                        - Sarana Belajar Mengajar
                        - Alat Belajar
                        - Periksa Kesehatan (Gigi & Mulut)
                        - Uang Bangunan ( Rp. 350.000,-)

    Pelunasan Biaya Pendidikan H-2 Masuk Sekolah

    Informasi Dan Pendaftaran :
        TK Islam Daarul Ilmi Cikarang
         Perumahan Puri Insani Tegal Danas - Desa Hegarmukti Kec. Cikarang Pusat - Bekasi
         C.P : Ibu Eka Syarofah (08 7879 111 382 - 08 777 933 5554)

    Kamis, 21 Maret 2013

    Pohon Yang Egois

    Di sebuah padang luas tumbuhlah banyak pohon yang subur. Dari akar pohon-pohon itu mengalirlah sungai di bawahnya yang airnya sangat jernih.

    Di antara pohon-pohon itu, adalah sebatang pohon yang egois. Ia ingin hidup sendiri supaya segalanya dapat ia miliki sendiri.Maka dicarilah akal agar pohon-pohon yang lain pergi dari situ. Dengan akal jahatnya, pohon-pohon itu tidak kerasan dan pergi satu persatu. Kini jadilah pohon yang jahat itu tinggal sendirian.

    Ia senang sekali karena ia dapat menikmati segalanya sepuasnya tanpa berbagi dengan pohon lain. Namun kegembiraannya itu tak berlangsung lama. Malam hari ia ketakutan sendirian.

    Ketika ada angin kencang ia hampir roboh tak mampu bertahan. Yang sangat menyedihkan adalah air sungai yang dulu melimpah, kini mengering karena tempat itu menjadi gundul.
    Pohon itu kekurangan air.

    Sekarang ia menangis siang dan malam karena menderita.Ia memanggili pohon-pohon yang dulu ia usir supaya kembali lagi tetapi tak satupun mau. Karena selalu bersedih, pohon itu menjadi sakit, tubuhnya kurus dan akhirnya mati.

    Itulah akibatnya jika pohon itu egois dan jahat.Begitu juga manusia. Semakin banyak teman, hidup kita semakin nyaman. Kita jadikan semua orang adalah saudara kita.
    (Sumber : dongeng.org)

    Si Pelit

     Seorang yang sangat pelit mengubur emasnya secara diam-diam di tempat yang dirahasiakannya di tamannya. Setiap hari dia pergi ke tempat dimana dia mengubur emasnya, menggalinya dan menghitungnya kembali satu-persatu untuk memastikan bahwa tidak ada emasnya yang hilang.

    Dia sangat sering melakukan hal itu sehingga seorang pencuri yang mengawasinya, dapat menebak apa yang disembunyikan oleh si Pelit itu dan suatu malam, dengan diam-diam pencuri itu menggali harta karun tersebut dan membawanya pergi. Ketika si Pelit menyadari kehilangan hartanya, dia menjadi sangat sedih dan putus asa. Dia mengerang-erang sambil menarik-narik rambutnya.

    Satu orang pengembara kebetulan lewat di tempat itu mendengarnya menangis dan bertanya apa saja yang terjadi. "Emasku! oh.. emasku!" kata si Pelit, "seseorang telah merampok saya!"

    "Emasmu! di dalam lubang itu? Mengapa kamu menyimpannya disana? Mengapa emas tersebut tidak kamu simpan di dalam rumah dimana kamu dapat dengan mudah mengambilnya saat kamu ingin membeli sesuatu?"

    "Membeli sesuatu?" teriak si Pelit dengan marah. "Saya tidak akan membeli sesuatu dengan emas itu. Saya bahkan tidak pernah berpikir untuk berbelanja sesuatu dengan emas itu." teriaknya lagi dengan marah.

    Pengembara itu kemudian mengambil sebuah batu besar dan melemparkannya ke dalam lubang harta karun yang telah kosong itu. "Kalau begitu," katanya lagi, "tutup dan kuburkan batu itu, nilainya sama dengan hartamu yang telah hilang!"

    Harta yang kita miliki sama nilainya dengan kegunaan harta tersebut.Seorang yang sangat pelit mengubur emasnya secara diam-diam di tempat yang dirahasiakannya di tamannya. Setiap hari dia pergi ke tempat dimana dia mengubur emasnya, menggalinya dan menghitungnya kembali satu-persatu untuk memastikan bahwa tidak ada emasnya yang hilang.

    Dia sangat sering melakukan hal itu sehingga seorang pencuri yang mengawasinya, dapat menebak apa yang disembunyikan oleh si Pelit itu dan suatu malam, dengan diam-diam pencuri itu menggali harta karun tersebut dan membawanya pergi.

    Ketika si Pelit menyadari kehilangan hartanya, dia menjadi sangat sedih dan putus asa. Dia mengerang-erang sambil menarik-narik rambutnya.

    Satu orang pengembara kebetulan lewat di tempat itu mendengarnya menangis dan bertanya apa saja yang terjadi. "Emasku! oh.. emasku!" kata si Pelit, "seseorang telah merampok saya!"

    "Emasmu! di dalam lubang itu? Mengapa kamu menyimpannya disana? Mengapa emas tersebut tidak kamu simpan di dalam rumah dimana kamu dapat dengan mudah mengambilnya saat kamu ingin membeli sesuatu?"

    "Membeli sesuatu?" teriak si Pelit dengan marah. "Saya tidak akan membeli sesuatu dengan emas itu. Saya bahkan tidak pernah berpikir untuk berbelanja sesuatu dengan emas itu." teriaknya lagi dengan marah.
    Pengembara itu kemudian mengambil sebuah batu besar dan melemparkannya ke dalam lubang harta karun yang telah kosong itu. "Kalau begitu," katanya lagi, "tutup dan kuburkan batu itu, nilainya sama dengan hartamu yang telah hilang!"

    Harta yang kita miliki sama nilainya dengan kegunaan harta tersebut.
    (Sumber :tkmujahidin2sby.blogspot.com )

    Dongeng Anak Islami

    maaf belum ada posting

    Hasil Kreasi Dari Bahan Daur Ulang

    Anak sesungguhnya mempunyai daya kreatifitas yang luar biasa. Berikut ini merupakan hasil karya ananda KP-KB-TK Mujahidin Surabaya.


    .















    (Sumber : tkmujahidin1sby.com)

    Studi Karya dan Kreasi

    Hasil Kreasi Dari Bahan Daur Ulang

    Rabu, 20 Maret 2013

    Logo TK Daarul Ilmi Cikarang

    Berikut ini logo dan arti (Filosofi) TK Islam Daarul Ilmi.



    Masjid : Tempat Ibadah Umat Islam
    Orang Lagi Sholat : Sholat Adalah Tiang Agama

    Catatan Bu Guru

    Maaf belum ada posting

    Galeri Photo TK Islam Daarul Ilmi Cikarang

    Maaf belum ada posting

    Prestasi TK Islam Daarul Ilmi Cikarang

    Maaf belum ada posting

    Ekstrakurikuler TK Islam Daarul Ilmi Cikarang

    TK Daarul Ilmi Cikarang

    Program Unggulan TK Daarul Ilmi Cikarang

    Program-program unggulan yang ada di TK Daarul Ilmi Cikarang :

    Kegiatan Intrakurikuler :
    • Bahasa Inggris 
    • IQRO
    • Hapalan Surat Pendek, Doa, Hadist, Asmaul Husna 
    • Praktek Ibadah Amaliah
    • Menggambar
       
    Kegiatan-Kegiatan (Kondisional):
    • Manasik Haji
    • PHBI PHBN di sekolah
    • Santunan Duafa Anak Yatim 
    • Pesantren Kilat dan Buka Puasa bersama 
    • Kunjungan-kunjungan sosial 
    • Kunjungan-kunjungan belajar 
    • Lomba-lomba di dalam maupun di luar sekolah
    • Dan lain-lain

    Kegiatan Khas :
    • Leadershif
    • Outbond
    • Panjat Dinding
    • Entrepreneurshif

    Fasilitas TK Islam Daarul Ilmi

    TK Islam Daarul Ilmi Cikarang berupaya untuk melengkapi segala fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang semua proses belajar.

    Adapun fasilitas meliputi :
    1. Gedung milik sendiri
    2. Lokasi sekolah yang strategis, representatif, dan kondusif
    3. Sarana bermain
    4. Perpustakaan
    5. SDM yang cukup berpengalaman serta kompetitif
    6. Berbagai kegiatan penunjang yang menambah pengalaman serta kreatifitas anak
    7. Wall Climbing (Sarana Panjat Dinding)
    Keunikkan
    TK Islam Daarul Ilmi Cikarang mungkin satu-satunya TK di Cikarang yang memiliki sarana dan peralatan panjat dinding.

    Outdoor Education TK Islam Daarul Ilmi

    Maaf Belum ada posting

    Kurikulum TK Daarul Ilmi Cikarang

    Kurikulum yang digunakan di TK Daarul Ilmi Cikarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dari Departemen Agama yang dipadukan dengan kegiatan dan kurikulum khas Tk Daarul Ilmi Cikarang serta kegiatan-kegiatan yang disesuaikan dengan bakat, minat, kemampuan, sosial-budaya, kondisi dan kebutuhan masyarakat untuk membentuk manusia yang ber-IMTAK dan ber-IPTEK.

    5 Aspek fokus Perkembangan anak di TK Daarul Ilmi Cikarang :
    • Aspek Aqidah Akhlak 
    • Aspek Sosial dan Emosi 
    • Aspek Fisik 
    • Aspek Kognitif 
    • Aspek Bahasa

    Daftar Staf dan Guru TK Islam Daarul Ilmi

    Kami terus berupaya untuk memberikan kualitas kegiatan belajar mengajar yang terbaik dengan menyiapkan SDM yang berpengalaman dalam pendidikan.

    Berikut ini daftar nama Guru dan Staf TK Islam Daarul Ilmi Cikarang

    Dewan Supervisi :
        1. Sunaryo Saripudin S.Pd.
        2. R. Ade Sri Mulya Sariningsih S.Pd.

    Kepala Sekolah :
        1. Linda Afriyanti S.Sos.I

    Wakasek
    (Tim Ahli Outdoor Education) :
         1. Sarda S.E

    Tata Usaha :
         1. Eka Syarofah

    Guru Pengajar :
         1. Linda Afriyanti S.Sos.I
         2. Eka Syarofah

    8 Kecerdasan Dimiliki Anak

    Maaf Belum Ada Posting

    3 Lingkungan Pembentuk Karakter Anak

    Rumah, Sekolah, Lingkungan Pergaulan

    3 Cara Anak Menyerap Informasi

    Maaf Belum ada posting

    Potret Anak

    Maaf Belum ada posting

    Hasil Karya Anak

    Maaf Belum ada posting

    Psikologi Anak

    Maaf Belum ada posting

    Profile TKIT Daarul Ilmi

    TK Islam Daarul Ilmi berada di Kawasan Perumahan Puri Insani Tegal Danas Blok D4. Ds. Hegarmukti, Kec. Cikarang Pusat, merupakan lokasi yang aman dan nyaman untuk pembelajaran.

    Keberadaan TK Islam Daarul Ilmi tidak hanya menitikberatkan kepada upaya mengantar peserta didik menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi (SD), tetapi juga memberi bekal pengetahuan dasar yang bertujuan untuk memotivasi dan menyiapkan anak yang berakhlaqul karimah.

    Usia kanak-kanak adalah masa yang menentukan yaitu masa emas (golden age) yang merupakan pondasi bagi setiap manusia.

    Mengingat sangat pentingnya pendidikan di usia dini ini, maka TK Islam Daarul Ilmi berusaha dengan sepenuh hati membantu orang tua dalam membimbing, mendidik dan mendampingi anak dalam proses fundamental ini.

    Maka sebagai fokus pendidikan usia dini, TK Islam Daarul Ilmi melatih pembentukan karakter dan perilaku dengan berlandaskan Al-Quran dan Al-Hadist sebagai pijakan dalam pendidikannya serta mengembangkan aspek-aspek penting lainnya seperti bahasa, seni, kognitif dan fisik motorik.

    Informasi Pendaftaran
    Ibu Eka Syarofah (08 7879 111 382)
    Ibu Linda S.Sos   (08 777 933 5554)

    Selasa, 19 Maret 2013

    Visi Misi TK Islam Daarul Ilmi Cikarang

    VISI
     “ Membangun pribadi anak yang ceria, mandiri dan berakhlaq mulia dengan kualitas Cerdas Spiritual, Cerdas emosional, Cerdas Intelektual.”


    MISI
    1. Menjadi lembaga pendidikan berasas Islami untuk merefleksikan kecintaan, ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya
    2. Lembaga pendidikan yang mengembangkan seluruh potensi anak secara optimal dengan memberikan layanan pengasuhan, perawatan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan karakteristik dan perkembangan anak.
    3. Mewarnai Lembaga Pendidikan di Cikarang dengan konsep pendidikan Islami dengan keunikkan tersendiri.


    STRATEGI
    • Membiasakan anak membaca DO'A-DO'A harian atau IQRO sebelum masuk kelas.
    • Guru membiasakan contoh dengan pembiasaan yang baik.
    • Membiasakan anak untuk selalu berusaha memecahkan masalah sendiri.
    • Memfasilitasi anak dengan berbagai sarana pembelajaran.


    TUJUAN SEKOLAH
    1. Siswa memiliki kemampuan dasar dalam beribadah
    2. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik (Berakhlak mulia,terampil, dan berwawasan luas menyangkut perkembangan anak, psikologi anak, metode mengajar)
    3. Membuat suasana nyaman, menyenangkan dan gembira dalam mengembangkan kompetensi dasar secara optimal
    4. Menyiapkan peserta didik secara mental dan akademik untuk memasuki pendidikan dasar (Memiliki kesiapan belajar, mampumembaca, manulis & berhitung permulaan)


    MOTTO
    “Ceria, Mandiri, dan Berakhlaq Mulia”

    --------------------------------------------------------------

    Isilah diri kita dengan kekayaan ilmu. 
    Karena Ilmu yang akan menjaga kita