Pengunjung Yang Terhormat,Sekarang Klik SUKA Disini!!!

TERIMA KASIH ANDA SUDAH BERKUNJUNG - Formulir Pendaftaran TK Khas DIC Thn Ajaran 2014-2015 - SUDAH DiBUKA!!DAFTARKAN SEKARANG ANAK ANDA KE TK ISLAM KHAS DAARUL ILMI CIKARANG - Menerima Pindahan - DAPATKAN POTONGAN HARGA BIAYA PENDIDIKAN DENGAN DAFTAR SEKARANG UNTK TAHUN AJARAN 2014-2015----Inilah : Formulir Pendaftaran TK Khas DIC

Sabtu, 30 Maret 2013

9 Tips Menjadi TK unggulan

9 tips menjadi TK unggulan (Laporan Workshop pengembangan model belajar pada Raudatu Athfal (RA) dan Bustanul Athfal (BA) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan – Badan Litbang dan Diklat – Kementrian Agama RI di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo 25-27 Februari 2010)

Penulis :
Agus Sampurno ( http://gurukreatif.wordpress.com)

"Libur panjang 3 hari tanggal 26 sampai 28 Februari saya diundang untuk datang ke Kota Surakarta bertemu dengan 60 guru BA, RA dan TK Islam terpadu bersama Pusat penelitian dan pengembangan Departemen Agama dalam rangka Workshop model belajar. Saya hadir untuk memberikan cakrawala mengenai bagaimana TK di sekolah internasional di jalankan" Ungkap Agus

Berikut petikannya hal-hal apa saja yang dijalankan di banyak sekolah internasional :

Pembelajarannya berbasis Inkuiri 

  • Dorong siswa untuk menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran 
  • Ketika mereka mengajukan pertanyaan kemudian bantu siswa untuk menemukan jawabannya melalui sederet kegiatan yang bersifat eksplorasi. 


Sekolah punya program menulis yang komprehensif

  • Jadikan menulis sebagai bagian penting dari program di sekolah anda. Saya setuju bahwa TK selayaknya tidak memaksakan anak untuk menulis tetapi melatih motorik kasar dan halus siswa juga penting. 
  • Latih keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata diperlukan untuk tulisan tangan. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendukung hal ini antara lain merangkai manik-manik, melukis dengan jari, bermain menggunakan tanah liat dan plastisin, menjahit dan menenun,(gunakan yang tidak tajam), menempatkan pasak di pegboard, melatih jari dan menggunakan berbagai alat tulis, 
  • Jangan lupa menentukan gaya tulisan mana yang ingin anda kembangkan di sekolah anda.Lakukan ini bersama-sama dengan seluruh unsur di sekolah anda 


Mata pelajarannya terintegrasi 
Doronglah siswa untuk berpikir secara mandiri, membuat pilihan, menjadi pemecah masalah, mengekspresikan diri secara kreatif dan bekerja sama dengan orang lain.
Topik intregrasi pembelajaran yang biasa di ajarkan di TK antara lain, Siapakah aku, Air sahabat kehidupan, Main yuk..!, Orang-orang yang berjasa di kehidupan kita (pekerja sosial dll), Aku suka temanku, Tanaman dan tumbuhan di sekitar kita, Dengarkan ceritaku, 5 Indera perasa dan lain-lain

Sekolah punya program membaca 
Tanamkan kepada guru yang bertugas bahwa membaca adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menarik, dijamin siswa akan percaya diri saat membaca. Adakan program membaca ‘reading programme’ dan buku-buku perpustakaan yang dikirim pulang secara teratur oleh siswa.

Sekolah melatih anak percaya diri 

  • Kembangkan kemampuan siswa untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat dengan jelas dan lancar, untuk berbicara dengan penuh percaya diri di depan teman-teman, untuk berpartisipasi dalam kelompok kecil dan diskusi kelompok besar dan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang relevan. 


Memasukkan aspek Teknologi informasi 

  • Siswa menggunakan computer dengan tujuan dan bukan sekedar alat untuk bermain 
  • Guru memasukkan aspek penggunaan computer dalam rencana pembelajarannya 
  • Komputer yang ada di lengkapi dengan CD Rom untuk siswa mencari pengetahuan yang dibutuhkannya


Mengajarkan Bahasa Inggris atau Mandarin sambil memperkuat bahasa ibu 

  • Kembangkan dan memperoleh kepercayaan mereka dalam menggunakan keterampilan berbahasa Inggris melalui pemodelan, sosialisasi dan interaksi dengan orang lain. 
  • Guru selayaknya juga mau mencoba berbahasa Inggris melalui intruksi dan perintah sederhana yang membuat siswa yang mendengarnya mau juga mencoba dengan percaya diri. 
  • Sekolah mempunyai kebijakan soal bahasa, sekolah yang baik bukan sekedar mengajarkan 2 atau 3 bahasa secara bersamaan, tetapi bagaimana sekolah tersebut memlihara bahasa ibu (mother tongue) 
  • Buat konser sederhana dan presentasi,atau assembly anak-anak. Semua siswa didorong untuk menunjukkan keterampilan musik, penggunaan bahasa asing dan kepercayaan diri sendiri 


Kegiatannya melalu kegiatan yang bersifat hands on 

  • Kegiatan Hands-on adalah kegiatan yang membiarkan siswa untuk mengembangkan makna pribadi dari penemuan mereka. 
  • Metode belajar ini cocok untuk memuaskan sifat rasa ingin tahu anak 


Aktivitas pembelajarannya menggunakan sentra-sentra 

  • Sentra pusat pembelajaran adalah cara paling efektif untuk memfasilitasi pembelajaran inkuiri pada siswa. 
  • Anak-anak mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab ketika mereka bekerja sama dengan satu sama lain. 
  • Guru bekerja dengan anak-anak secara individu atau dalam kelompok kecil untuk memenuhi kebutuhan individu semua siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar